Beranda » Uncategorized » Cara Menghitung Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

Cara Menghitung Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

T Diposting oleh pada 16 June 2018
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 1339 kali

Berikut ini adalah informasi cara menghitung biaya pengiriman dari China ke Indonesia. Simak informasi ini sampai selesai karena mungkin informasi ini bisa membantu mempermudah anda.

Import bisa dilakukan oleh calon importir dengan 2 (dua) cara. Yaitu import dengan menggunakan L/C dan import tanpa L/C (Non L/C.

Letter of Credit atau biasa disebut dengan L/C pada dasarnya adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh bank devisa yang menjamin kemampuan nasabah untuk membayar barang atau jasa.

Kita bahas sedikit mengenai L/C. Siapa yang menerbitkan L/C tersebut? L/C diterbitkan oleh Bank Devisa atas nama importir. Selain itu, juga memberikan hak dan kewajiban kepada eksportir untuk mendapatkan pembayaran dalam rentang waktu tertentu sesuai ketentuan dan persyaratan yang tertuang dalam L/C.

Lalu apa fungsi dari L/C ini. L/C berfungsi sebagai kontrak jaminan bagi importir maupun eksportir dan secara praktis menghilangkan resiko kredit bagi kedua belah pihak, serta mengurangi keterlambatan pembayaran. L/C juga memberikan jaminan keamananyan yang tinggi untuk eksportir. Biasanya L/C sangat berguna ketika importir belum dikenal baik oleh eksportir.

Sebenarnya ada beberapa jenis L/C, namun dalam artikel ini kami tidak akan membahasa detail masing-masing jenis tersebut.

Kita kembali ke pembahasan awal yaitu cara menghitung biaya pengiriman dari China ke Indonesia.

Setelah terjadi kesepakatan antara eksportir dan importir maka pelaksanaan import bisa dilakukan.

Selama masa menunggu kedatangan barang import tersebut, importir akan menerima Surat Peberitahuan Kedatangan Dokumen dari pihak Bank (jika import menggunakan L/C) atau menerima dokumen import via international courier yang bisanya langsung dikirim oleh eksportir (jika import dilakukan tanpa menggunakan L/C)

Selain itu importir akan menerima juga Surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (Notice Of Arrival) dari pihak shipping companya atau dari perusahaan forwarding yang di tunjuk.

Setelah kapal pembawa barang import tadi tiba di pelabuhan tujuan, importir baru bisa mengurus semua dokumen nya. Importir bisa menghitung sendiri estimasi pajak dan bea masuk yang harus dibayarkan berkaitan dengan import barang tersebut.

Rumus di bawah ini bisa digunakan untuk menghitung estimasi bea masuk dan pajak.

  1. Bea Masuk: …% x (CIF/CNF x NDPBM)
  2. Bea Masuk Tambahan: …% x (CIF/CNF x NDPBM)
  3. Pajak Pertambahan Nilai (PPN): …% x (CIF/CNF x NDPBM) + Bea Masuk +Bea Masuk Tambahan
  4. Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM): …% x (CIF/CNF x NDPBM) + Bea Masuk +Bea Masuk Tambahan
  5. Pajak Penghasilan (PPh pasal 22): …% x (CIF/CNF x NDPBM) + Bea Masuk +Bea Masuk Tambahan

Keterangan:

  • CIF: Cost Insurance Freight, yaitu harga barang dari luar negeri/pelabuhan muat ditambah dengan asuransi beserta ongkos angkut biaya dari negara asal/pelabuhan muat sampai di timbun dalam gudang penimbunan pelabuhan negara tujuan.
  • CNF: Cost and Freight, yaitu harga barang dari luar negeri/pelabuhan muat ditambah dengan ongkos angkut biaya tambang dari negara asal/pelabuhan muat sampai ditimbun di dalam Gudang penimbunan pelabuhan negara tujuan.
  • NDPBM: Nilai Dasar Perhitungan Bea Masuk = Kurs Nilai Tukar Mata Uang Asing
  • CIF/CNF x NDPBM: Harga Pabean
  • (CIF/CNF x NDPBM) + Bea Masuk +Bea Masuk Tambahan: Nilai Import
  • CIF: Harga untuk menghitung bea masuk dan pungutan lain, jika asuransi nya dibayar di dalam negeri (harus dilampirkan bukti polis asuransinya di dalam negeri)
  • Apabila Biaya Freight tidak tertera di dalam bill of landing maka besaran freight ditetapkan sebagai berikut:
    • 15% dari harga FOB (Free of Board) untuk barang yang berasal dari Eropa, Afrika atau Amerika.
    • 10% dari harga FOB untuk barang yang berasal dari Asia Non Asean / Australia.
    • 5% dari harga FOB untuk barang yang berasal dari Asia.
    • Harga FOB adalah harga barang dari luar negeri sampai dimuat di atas kapal di pelabuhan di luar negeri.

Informasi diatas adalah rumus yang bisa digunakan untuk menghitung estimasi bea masuk dan pajak. Setelah anda mengetahui cara menghitung bea masuk dan pajak maka anda bisa menghitung atau melakukan kalkulasi terhadap

Namun apabila anda merasa informasi di atas masih kurang jelas dan tidak mau di pusingkan oleh perhitungan diatas maka anda dapat dengan mudah KLIK LINK DIBAWAH INI SEKARANG untuk terhubung dengan WhatsApp kami dan kami akan membantu anda menghitungkan bea masuk dan pajak anda:

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS 

Bahkan kami bisa membantu anda membayarkan Pajak Import , Bea Masuk, PPN dan PPH terlebih dahulu dan kami akan sertakan bukti pembayaran tersebut sebagai lampiran.

Segera WhatsApp kami di nomor berikut 0821 4224 8899 dan kami akan membantu memudahkan pengurusan import anda.

Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

Baca Juga Artikel Berikut: Bagaimana Cara Kirim Barang dari China ke Indonesia

1 Komentar untuk Cara Menghitung Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Menghitung Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

Jasa Import Murah

Inilah Jasa Import Murah dan Terpercaya

T 30 July 2018 F A jpexpres

Bayangkan apa yang terjadi jika anda menemukan jasa import murah dan terpercaya yang bisa memberikan konsultasi gratis mengenai segala permasalahan import anda. Bagaimana rasanya bila anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari barang yang anda import? Jika kami bisa menunjukkan cara... Selengkapnya

Jasa Forwarder Import

Jasa Forwarder Import Paling Hemat dan Terpercaya

T 12 August 2018 F A jpexpres

Anda mungkin saat ini sedang mencari jasa forwarder import yang paling hemat dan terpercaya. Sudah pernahkah anda menemukan jasa forwarder yang bisa diajak konsultasi mengenai segala permasalahan import? Anda tidak perlu kontak kami sekarang, karena di bawah ini ada informasi... Selengkapnya

Cara Kirim Barang dari China ke Indonesia

Bagaimana Cara Kirim Barang dari China ke Indonesia?

T 12 June 2018 F A jpexpres

Ada beberapa cara kirim barang dari China ke Indonesia atau biasa disebut import barang dari China. Sebelum kita membahas detail caranya kita akan share terlebih dahulu beberapa alasan kenapa saat ini kita kegiatan eksport-import / perdagangan international semakin berkembang pesat.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa kami. Atau klik CHAT dengan kami sekarang