Beranda » Uncategorized » Cara Menghemat Ongkos Kirim dari China ke Indonesia

Cara Menghemat Ongkos Kirim dari China ke Indonesia

T Diposting oleh pada 24 June 2018
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 76 kali

Inilah cara menghemat ongkos kirim dari China ke Indonesia.

Ada 4 perhitungan yang mempengaruhi tarif import dari China ke Indonesia:

Simak informasi berikut ini. Biasanya penentuan biaya import di pisahkan menjadi beberapa kategori yaitu:

  • Biaya Exwork (apabila ada)
  • Biaya Freight (apabila ada)
  • Biaya Handling
  • Biaya Pajak (Bea Masuk, PPN dan PPH)

Ke 4 hal diatas secara keseluruhan sudah mencakup seluruh biaya yang dikenakan oleh pihak jasa pengiriman mulai dari menggunakan jasa kurir international seperti FedEx, DHL dan lainya sampai dengan menggunakan moda pengiriman via laut atau container. Hanya saja pengenaan tarif tersebut diatas bisa berbeda-beda istilahnya.

Selanjutnya akan dibahas satu persatu mengenai bagaimana cara menghemat masih-masing biaya tersebut diatas:

Biaya Ex Works

penjelasan nya adalah sebagai berikut, Dalam persyaratan penyerahan barang dengan menggunakan Ex Works yang memiliki kewajiban utama adalah pembeli dengan kewajiban untuk memikul semua biaya dan risiko terhadap barang. Selain itu pembeli harus bertanggung jawab juga dalam pengurusan formalitas melalakukan ekspor. Penyerahan dengan Ex Works dilakukan pada gudang penyimpanan barang penjual (loco gudang penjual).

Atau lebih singkatnya bisa di katakan biaya Ex works adalah biaya yang muncul dikarenakan adanya biaya di origin atau di tempat penjual di China. Semisal biaya pengambilan barang (pick up) atau biaya pengurusan dokumen eksport di China

Biaya ini bisa di hemat dengan cara menunjuk rekanan sebagai perwakilan importir di China untuk memilih atau secara langsung mengurus segala kebutuhan yang terkait dengan pengiriman ke Indonesia. Dengan cara ini kita bisa menentukan sendiri sesuai kebutuhan importir mulai dari perijinan eksport di China, pemilihan vendor untuk melakukan pengambilan di supplier di China, sampai dengan pemilihan vessel atau moda transportasi untuk mengirim barang tersebut ke Indonesia.

Dengan cara tersebut biaya ongkos kirim secara keseluruhan bisa di hemat.

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS 

Biaya Freight

Biaya Freight bisa menggunakan berbagai macam moda transportasi di sesuaikan dengan barang yang akan dikirim. Apabila barang yang di import dari China tergolong barang-barang kecil maka pengiriman ke Indonesia bisa menggunakan jasa kurir international yang menggunakan moda transportasi udara. Biasanya barang akan lebih cepat sampai di Indonesia apabila menggunakan jasa kurir international.

Namun apabila barang tersebut sudah lebih dari 100 Kg biasanya ada beberapa pilihan yaitu menggunakan jasa cargo udara (direct airlines) atau menggunakan moda transportasi laut (LCL). Yang membedakan selain harga adalah kecepatan pengirimannya. Menggunakan moda transportasi udara cenderung lebih mahal namun barang cepat sampai di Indonesia, bahkan bisa juga barang sampai keesokan hari nua (next day service).

Sedangkan apabila menggunakan moda transportasi laut (LCL) harga lebih hemat namun barang lama sampai di Indonesia. Hal ini merupakan pilihan dari importir tersebut, apabila membutuhkan kecepatan maka menggunakan moda transportasi udara adalah pilihan yang tepat begitu pun sebaliknya.

Biaya Handling

Biaya handling muncul di area penerima barang dalam hal ini di Negara Indonesia. Biaya handling bisanya terdiri dari beberapa komponen yaitu beberapa diantaranya adalah

  • Biaya custom (jasa pengurusan kepabeanan)
  • Biaya ijin import (undername)
  • Biaya PIB
  • Biaya inspeksi (jalur merah)
  • Biaya Gudang di Pelabuhan
  • Biaya DO Import di pelayaran
  • Biaya kirim ke alamat tujuan

Biaya Pajak (Bea Masuk, PPN dan PPH)

Sesuai kesepakatan yang dicapai pada ASEAN-China Summit yang diselenggarakan di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, pada tanggal 6 Nopember 2001, CAFTA sudah harus terbentuk dalam waktu 10 tahun. Atas dasar itulah, CAFTA mulai berlaku per 1 Januari 2010.

Salah satu tujuan CAFTA adalah meliberalkan perdagangan barang dan jasa melalui pengurangan atau penghapusan tarif Bea Masuk yang diharapkan dapat meningkatkan arus perdagangan kedua belah pihak.

Caranya adalah dengan melampirkan dokumen COO/SKA . Dokumen ni masih banyak yang memahaminya adalah sebagai dokumen COO/SKA pada umumnya yang dibutuhkan seseorang ketika ingin melakukan ekspor barang dari negaranya ke negara lain untuk menunjukkan bahwa suatu barang berasal dari negara penerbit COO/SKA. Padahal dokumen COO/SKA yang menggunakan “Form E” adalah dokumen yang berbeda, yaitu dokumen preferensi yang digunakan sebagai persyaratan untuk memperoleh fasilitas berupa pembebasan seluruh atau sebagian bea masuk yang diberikan oleh suatu negara/kelompok negara tujuan.

Dengan adanya dokumen Form E tersebut maka biaya import dari China secara keseluruhan bisa menjadi hemat.

4 solusi diatas adalah cara menghemat ongkos kirim dari china ke Indonesia

JP Express adalah jasa import door to door yang bisa membantu anda menghemat biaya pengiriman dari China ke Indonesia karena beberapa hal berikut ini:

  • Memiliki perwakilan di China sehingga bisa membantu semua proses yang akan mempermudah pengiriman ke Indonesia.
  • Memiliki banyak vendor / ke agen an freight mulai dari vendor kurir sampai dengan vendor laut. Sehingga importir memiliki banyak piliha yang bisa menghemat biaya pengiriman dari China ke Indonesia.
  • Biaya handling yang transparan. JP Express akan memandu mulai dari persiapan import sampai dengan barang tiba di depan rumah/perusahaan anda. Semua biaya bisa kami berikan secara transparan sehingga tidak ada biaya yang tidak terduga karena semua sudah terkalkulasi dengan cermat.
  • JP express bisa membantu pengurusan dokumen Form E yang bisa menghemat bea masuk. Hal ini tentu saja menjadi solusi yang hemat untuk importir.

Dengan 4 solusi tersebut jangan ragu untuk segera kontak kami melalui whatsapp berikut 0821 4224 8899 untuk pemesanan ataupun hanya sekedar berkonsultasi mengenai segala permasalahan import anda.

Segera kontak kami atau klik link di bawah ini.

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS 

Ongkos Kirim dari China ke Indonesia

Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang dari Jepang ke Indonesia

1 Komentar untuk Cara Menghemat Ongkos Kirim dari China ke Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Menghemat Ongkos Kirim dari China ke Indonesia

Cara Impor Barang Resmi

Bagaimana Cara Impor Barang Resmi?

T 22 June 2018 F A jpexpres

Berikut Adalah Cara Impor Barang Resmi. Simak informasi berikut ini maka anda akan mengetahui cara impor barang dengan prosedur resmi. Di dalam perdagangan international (ekspor-impor) dapat timbul beberapa masalah. Beberapa permasalahan yang sering terjadi adalah sebagai berikut: Penjual (seller) dan... Selengkapnya

bagaimana cara import barang

Bagaimana Cara Import Barang dari Luar Negeri yang Mudah?

T 11 October 2018 F A jpexpres

Jika kami bisa menunjukkan bagaimana cara import barang dari luar negeri yang mudah apakah anda mau import barang menggunakan layanan kami? Anda akan menyadari bahwa import barang dari luar negeri sangat mudah ketika anda benar-benar menyimak informasi berikut ini. Sebelum... Selengkapnya

jasa import barang china

Jasa Import Barang China Paling Hemat dan Terpercaya

T 21 August 2018 F A jpexpres

Bagaimana rasanya apabila anda bisa menemukan jasa import barang China yang paling hemat dan terpercaya? Sudah semestinya anda akan mendapat keuntungan yang besar apabila anda bisa mengetahui cara import barang dari China yang paling hemat. Ketika anda bisa menghemat biaya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa kami. Atau klik CHAT dengan kami sekarang