Beranda » Uncategorized » Inilah Cara Import Barang dari Jepang yang Paling Mudah

Inilah Cara Import Barang dari Jepang yang Paling Mudah

T Diposting oleh pada 22 June 2018
F Kategori
b 4 komentar
@ Dilihat 1786 kali

Inilah cara import barang dari Jepang yang paling mudah.

Jepang seperti diketahui adalah negara kepulauan di wilayah Asia Timur yang letaknya di ujung sebelah barat dari Samudra Pasifik. Jepang adalah negara yang sangat maju di bidang ekonomi dan teknologi hal ini terbukti dengan PDB terbesar ke dua setelah Amerika Serikat. Jepang memiliki industry berteknologi sangat tinggi dibidang otomotif, elektronik, mesin, baja dan logam, perkapalan, kimia, tekstil dan pengolahan makanan.

Oleh karena itu Jepang menjadi rujukan negara asal bagi importir di Indonesia yang biasanya akan melakukan import sparepart, mesin maupun produk-produk yang memiliki teknologi tinggi. Biasanya juga barang-barang yang di import dari Jepang adalah mesin-mesin bekas yang teknologi nya masih bisa digunakan di Indonesia

Pada dasarnya import dari negara manapun regulasi yang di kenakan akan sama saja, yang menjadi beda adalah regulasi dari barang yang akan di import. Tahapan-tahapan melakukan import dari Jepang adalah sebagai berikut:

Kegiatan Pre Import

Pada tahapan ini calon importir harus terlebih dahulu mempersiapkan kelengkapan-kelengkapan yang berkaitan dengan perizinan. Dalam pelaksanaan nya hal ini bisa dilakukan dengan cara menyanyakan langusung kepada supplier anda di Jepang mengenai beberapa hal dibawah ini:

  1. Nama dan spesifikasi barang.
  2. Nomor HS Code (Harmonized Code) dari barang yang akan di kirim.
  3. Term of Shipment (Exwork, FOB, CIF/CNF.).
  4. Ukuran barang (panjang x lebar x tinggi) dan berat barang

Dengan mengetahui terlebih dahulu 4 data diatas maka kelengkapan dokumen yang harus disertakan pada saat proses pengurusan import di Indonesia sudah bisa dipersiapkan. Apabila dari beberapa dokumen tersebut tidak bisa di lengkapi salah satu cara adalah meminjam dokumen dari perusahaan lain, namun tentunya hal ini dilakukan dengan syarat-syarat tertentu. Silahkan kontak kami di nomor whatsapp 0821 4224 8899 untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS 

Berikut adalah macam-macam perizinan yang secara umum dibutuhkan oleh untuk pengurusan import di Indonesia:

  1. Izin dari Kementrian Perdagangan

Calon Importir harus memiliki izin khusus dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia yang disebut dengan Angka Pengenal Import (API).

  1. SK Menteri Keuangan tentang Pembebasan Bea Masuk

Seaindainya calon importir menginginkan untuk menggunakan fasilitas pembebasan bea masuk atau penangguhan bea masuk maka calon importir harus terlebih dahulu mengajukan fasilitas yang dinamakan KITE (Kemudahan Import Tujuan Eksport) .

  1. Ijin Khusus

Jika barang-barang yang akan di import ternyata bukan barang baru (seperti mesin bekas) yang sering di import dari Jepang, maka dibutuhkan ijin khusus dari Kementrian Perdagangan serta dari pihak Surveyor Independen (bisa dari Sucofindo).

Kegiatan Pelaksanaan Import

Import bisa dilakukan oleh importir dengan dua macam cara. Cara yang pertama yaitu memakai L/C dan cara yang kedua import tanpa menggunakan L/C.

Selama menunggu kedatangan barang, importir akan menerima Surat Pemberitahuan Kedatangan Dokumen Surat Pemberitahuan Kedatangan Kapal (Notice of Arrival) dari pihak forwarding yang ditunjuk.

Setelah kapal sandar importir bisa menukarkan  lembar bill of landing dengan delivery order pada shipping company atau forwarding guna kepentingan mengeluarkan peti kemas.

Dokumen di bawah ini sudah harus di lengkapi:

  • Bill of Landing
  • Packing List
  • Invoice
  • Certificate od Fumigation (apabila ada)
  • SK tentang pembebasan Bea Masuk (Jika memakai fasilitas KITE)
  • Certificate of Insurance (jika ada)
  • Izin Khusus (apabila yang di import adalah barang bekas)
  • Delivery Order dari shipping company

Dokumen-dokumen tersebut akan digunakan untuk menyusun PIB (Pemberitahuan Import Barang).

Inilah cara import barang dari jepang yang paling mudah. Dengan mengetahui informasi diatas maka anda akan dengan mudah melakukan persiapan import barang dari Jepang.

Namun apabila anda mengalami kesulitan silahkan kontak kami di WhatsApp atau nomor telpon berikut ini 0821 4224 8899. JP Express adalah perusahaan jasa Import Door to Door yang sudah berpengalaman belasan tahun menangani import dari ribuan customer. Silahkan kontak kami untuk melakukan konsultasi mengenai segala permasalahan import anda atau klik link dibawah ini agar langsung terhubung dengan whatsapp kami.

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS 

Cara Import Barang dari Jepang

Untuk mengetahui informasi lain terkait dengan prosedur import silahkan simak artikel berikut ini:

Inilah Cara Mengimpor Barang dari Luar Negeri yang Paling Mudah

4 Komentar untuk Inilah Cara Import Barang dari Jepang yang Paling Mudah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Inilah Cara Import Barang dari Jepang yang Paling Mudah

Cara Mengimpor Barang dari Luar Negeri

Inilah Cara Mengimpor Barang dari Luar Negeri yang Paling Mudah

T 22 June 2018 F A jpexpres

Bagaimana cara mengimpor barang dari luar negeri yang paling mudah? Anda bisa terus membaca artikel berikut ini agar menemukan solusi dari pertanyaan diatas. Perkembangan teknologi informasi dalam hal ini teknologi transformasi data, memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan aktivitas manusia untuk berkomunikasi... Selengkapnya

Biaya Impor Barang dari China

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Impor Barang dari China

T 21 June 2018 F A jpexpres

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Bagaimana Cara Menghitung Biaya Impor Barang dari China. Oleh karena itu simak informasi ini dari awal hingga akhir. Apakah anda saat ini ingin melakukan impor dari China? Apakah anda sedang membuat kalkulasi atau menghitung-hitung... Selengkapnya

Tata Cara Impor Barang dari Luar Negeri

Tata Cara Impor Barang dari Luar Negeri

T 17 June 2018 F A jpexpres

Sebelum membahas mengenai tata cara impor barang dari luar negeri kami akan membahas sedikit mengenai pengertian import. Impor bisa diartikan sebagai kegiatan memasukkan barang dari suatu negara (luar negeri) ke dalam wilayah pabean negara lain. Tentu saja hal ini melibatkan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa kami. Atau klik CHAT dengan kami sekarang